logo Sumber Makmur
image

Ubi Jalar Ungu ( Ipomoea Batatas var Ayamurasaki )

Ubi jalar ungu ( Ipomoea batatas var Ayumurasaki ) biasa disebut Ipomoea batatas karena memiliki kulit dan daging umbi yang berwarna ungu kehitaman (ungu pekat). Ubi jalar ungu mengandung pigmen antosianin yang lebih tinggi daripada ubi jalar jenis lain. Menurut Sri Kumala Ningsih (2006), menyatakan bahwa ubi jalar ungu mulai dikenal menyebar ke seluruh dunia terutama negaranegara yang beriklim tropis. Pada abad ke-16 diperkirakan ubi jalar ungu pertama kali di Spanyol melalui Tahiti, Kepulauan Guam, Fiji dan Selandia Baru.

Keunggulan ubi ungu adalah adalah zat antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas, selain itu, prebiotik bisa mengusir zat-zat racun penyebab kanker (antikarsinogenik) dan melawan mikroba pengganggu (anti mikrobial). Kabar baik lainnya, prebiotik membantu menyerap mineral serta mengatur keseimbangan kadarnya di dalam tubuh, dengan begitu, akan terhindar dari osteoporosis. Kandungan lain yang bermanfaat pada ubi jalar ungu adalah fenol, yaitu senyawa kimia yang memiliki efek anti-penuaan dan kompenen antioksidan. Ubi jalar ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi.

Fakta Menarik Ubi Jalar Ungu

Menjaga kesehatan mata

Dikutip dari Lemonilo, Ubi Ungu memiliki kandungan pro vitamin A yang terdiri atas beta karoten dan karotenoid lain. Kedua kandungan pro vitamin A ini nantinya akan diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A dari ubi ungu inilah yang nantinya akan berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi

Dilansir dari Eating well, pigmen antosianin dari antioksidan tinggi yang dikandung dalam ubi ungu mampu mengurangi peradangan. Ubi ungu juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta kanker.

Sejalan dengan itu, Adelia Bovel Benjamin yang dikutip dari Lemonilo berkata bahwa perpaduan kombinasi karoten dengan antosianin sangat berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Kandungan Ubi Ungu yang kaya gizi

Ubi jalar ungu juga merupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain Vitamin A, Vitamin C, thiamin (vitamin B1) dan ribovlavin, sedangkan mineral dalam ubi jalar di antaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P) dan kalsium (Ca). Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu
image

Menyediakan kebutuhan sayur di setiap harimu

Order Sekarang