logo Sumber Makmur
image

Cabai ( Capsicum sp )

Cabai adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum . Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana pemanfaatannya. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa untuk makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" kesepuluh (alih-alih kesembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Fakta Menarik Cabai

Daerah asal

Cabai adalah makanan yang mulanya berasal dari Benua Amerika dan masuk ke Indonesia pada abad ke-16 dengan beragam jenis tumbuhan lain. Nama cabai sendiri diambil dari sebutanya di Benua Amerika yaitu capsicum. Sedangkan di Inggris cabai disebut dengan nama chili.

Termasuk Tanaman Obat

Ada banyak jenis cabai yang ditanam bukan untuk makanan saja tapi juga untuk obat, terlebih pada jenis cabai yang batangnya masih hijau.Dalam dunia medis pun kandungan pada cabai yaitu Capsaicin digunakan sebagai campuran obat analgesic atau obat penahan atau penghilang rasa sakit.

Bahkan, cabai juga disebut berkhasiat untuk meredakan gangguan paru-paru, mengeluarkan dahak, mencegah munculnya bronkitis, batuk, mencegah penggumpalan darah, hingga hilangkan rasa nyeri.

Makanan Alami Burung

Cabai yang memiliki rasa pedas bukan hanya digemari manusia untuk dijadikan sambal atau makanan lain. Cabai juga disukai oleh para burung hingga disebut sebagai makanan alami hewan ini.

Meski memiliki rasa pedas, burung tetap bisa memakannya dengan aman karena hewan ini tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi capsaicin yang panas. Karena itu, banyak jenis burung suka memakan cabai dan tanaman lain yang masih satu keluarga Capsicum .

Membantu Membakar Kalori

Cabai dengan kandungan di dalamnya bisa meningkatkan suhu inti tubuh selama proses pencernaan.  Selain itu, cabai juga memicu reaksi di usus yang akan memberi sinyal pada sistem saraf untuk menghasilkan lebih banyak lemak cokelat.  Lemak cokelat ini merupakan lemak sehat yang akan membantu mengeluarkan kalori dari dalam tubuh.

Rasa Pedasnya Cabai Bukan dari Bijinya

Banyak orang masih mengira rasa pedas dari cabai berasal dari biji-biji tersebut. Tapi sebenarnya, rasa pedas berasal dari membran putih yang menjadi tempat biji melekat. Saat biji cabai berjumlah sedikit, bisa jadi cabai tetap terasa pedas, karena membran putih berjumlah banyak.
image

Menyediakan kebutuhan sayur di setiap harimu

Order Sekarang